openpagerank 3D Media Advertising twitter tirto.id instagram linkedin mywot wikimedia Mastodon norton.com

5 Alasan Pemasaran Outdoor Masih Populer

1
Apr 2024
Kategori : Tips
Penulis : Pajakreklame.Co.ID
Dilihat :197x

5 Alasan Pemasaran Outdoor Masih Populer Di era serba digital ini, periklanan dan pemasaran kerap dilakukan melalui dunia maya. Sebut saja facebook advertising, iklan di website, hingga email marketing. Adanya tren digital ini juga mempengaruhi periklanan di media lainnya, terbukti saat ini iklan cetak sudah mulai berkurang peminatnya, tapi tidak dengan iklan luar ruangan.

5 Alasan Pemasaran Outdoor Masih Populer

Berbagai bentuk iklan outdoor seperti billboard, baliho, neon box, spanduk hingga umbul-umbul masih eksis hingga saat ini. Tiap promosi dan iklan yang dilakukan usaha atau merek tertentu masih saja mempercayai outdoor marketing sebagai bentuk pemasaran yang dipilih. Apa saja sebenarnya yang mempengaruhi beriklan di media outdoor masih populer ? Berikut alasannya :

  • Cakupan yang Luas

Walaupun pengguna internet semakin berkembang dan Indonesia adalah salah satu pengguna internet terbesar di dunia, Namun tidak mengalahkan untuk beriklan di media outdoor, di tambah saat ini banyak innovasi yang terjadi pada media reklame . Dari internet masyarakat bisa mengetahui banyak hal, seperti berita yang sedang berkembang , informasi pengetahuan serta tempat tempat hits yang sedang viral.

Dari hal inilah yang membuat masyarakat menjadi penasaran dan membangkitkan mobilisasi masrakat dalam beraktivitas. Maka tak heran banyak tempat – tempat keramaian yang sedang fomo di minati oleh masarakat.  Hal ini tentu yang mempengaruhi untuk memasang media outdoor pada tempat yang strategis serta menguntungkan posisi baliho atau billboard yang dapat menjangkau siapa saja tanpa melihat usia, kelas ekonomi maupun pembeda lainnya. Bisa dibilang bahwa pemasaran outdoor memiliki target markting yang lebih luas.

  • Biaya lebih Murah

Alasan promosi melalui reklame seperti baliho dan billboard adalah biaya yang lebih ekonomis. Memang, memasang billboard di jalanan jauh lebih mahal ketimbang biaya iklan di media sosial, namun bila dilihat dari perbandingannya dengan jumlah target pasar yang bisa dicapai, iklan outdoor jauh lebih untung. Biaya pemasangan iklan outdoor diimbangi dengan hasilnya yang sesuai.

  • Cocok untuk Promosi Lokal

Untuk usaha dan bisnis yang ingin menargetkan konsumen lokal, iklan outdoor memang lebih unggul. Karena statis, balihok, spanduk atau reklame hanya bisa menjangkau wilayah sekitarnya saja, berbeda dengan iklan di internet yang dapat dilihat dari mancanegara.

Hal ini yang menyebabkan iklan outdoor cocok untuk memasarkan usaha di lokasi tertentu. Iklan outdoor jauh lebih unggul karena bisa menargetkan konsumen yang tinggal di dekat jenis usaha sehingga lebih efektif.

  • Menjadi Pemasukan Lokal

Melalui pemasangan iklan dalam bentuk baliho, reklame, spanduk atau umbul-umbul, Anda turut membangun daerah. Bagaimana? Pajak dan retribusi reklame yang harus dibayarkan akan menjadi pemasukan bagi pemerintah lokal. Dana alokasi pajak dan retribusi ini nantinya akan digunakan untuk mengembangkan pembangunan daerah.

Tentu saja hal ini berbeda dengan iklan di media sosial yang tidak dikenai pajak dan retribusi. Melalui iklan luar ruangan, Anda turut berkontribusi untuk pembangunan daerah Anda, sehingga masih banyak orang yang memilih outdoor marketing.

  • Dilihat Secara Terus Menerus

Biasanya, iklan digital dibayar per penayangan. Hal ini berarti Anda memiliki batasan jumlah target konsumen. Berbeda dengan memasang iklan secara outdoor. Misalnya saja memasang baliho, yang akan dilihat oleh seluruh pengguna jalan yang melewati baliho tersebut. Dalam sekali pemasangan, Anda tidak akan dibatasi berapa banyak target yang tercapai dari pemasaran tersebut selagi periode pemasangan masih berjalan. Dari pagi, siang hingga malam, iklan yang Anda pasang tersedia 24 jam dalam sehari, 365 hari dalam setahun. Alasan ini menjadi keuntungan memasang baliho dan bentuk promosi iklan lainnya ketimbang iklan digital.

5 Alasan Pemasaran Outdoor Masih Populer

Dari gempuran era digital dan beberapa alasan diatas, dapat dilihat bahwa berpromosi menggunakan media outdoor masih dapat dipetimbangkan dan diminati oleh pelaku usaha yang ingin melakukan promosinya. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda memilih berbagai bentuk advertising outdoor yang sesuai dengan bisnis Anda. 

Pajakreklame.Co.ID adalah website yang membahas tentang Biro Jasa Pengurusan Perizinan Pajak Papan Reklame Billboard Dan Kendaraan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Dan Bekasi, Perhitungan Tarif Pajak Reklame untuk wilayah JABODETABEK, Jasa Cetak Sablon Digital Printing, Jasa Pasang Umbul – Umbul, Spanduk, Baliho dan Banner, Jasa Pembuatan Buku Kelayakan Konstruksi Reklame, Kajian Teknis (IPTB), Branding Mobil Online, Sewa Titik Billboard, Produksi Neon Box, Plang Papan Nama, Shop Sign, Reklame Digital, Videotron Dan Billboard Untuk Perusahaan, Toko, MALL, Pabrik Dan Di Perumahan.