Berapa Biaya Pasang Reklame di Jakarta?

Berapa Biaya Pasang Reklame di Jakarta?

Berapa Biaya Pasang Reklame di Jakarta? di dalam peraturan pemerintah daerah setempat yang tertuang di dalam Perda (Peraturan Daerah) Tahun 2022 tentang perhitungan Nilai Sewa Reklame atau yang biasa disingkat NSR. Harga pasang reklame Jakarta dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti, lokasi penempatan atau golongan jalan, jenis reklame, ukurannya, jumlahnya, ketinggian, dan barang atau produk yang diiklankan/dipromosikan.

Biaya Pasang Reklame

Untuk lebih jelasnya mengenai biaya pasang reklame di Jakarta, berikut adalah deskripsi lengkap mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi harga pemasangan reklame di Jakarta seperti yang telah kami sebutkan di atas.

1. Tarif Pasang Reklame di Jakarta Berdasarkan Golongan Jalan

Foto 12

Biaya pasang reklame di Jakarta sudah ditentukan dalam Perda Nomor 24 Tahun 2022. Perda ini sendiri membahas secara lengkap berbagai perubahan atas Peraturan Gubernur Nomor 27 Tahun 2014 mengenai besarnya biaya atau tarif sewa reklame disebut NSR (Nilai Sewa Reklame). Berdasarkan Perda terbaru, tarif pasang reklame di Jakarta salah satunya ditentukan berdasarkan golongan jalan yang akan digunakan sebagai titik pemasangan.

Beberapa kategori yang telah di tetapkan oleh pemerintah daerah:

  1. Protokol A
  2. Protokol B
  3. Protokol C
  4. Ekonomi kelas I
  5. Ekonomi kelas II
  6. Ekonomi kelas III, dan
  7. Jalan Lingkungan

Berurutan dari nomor 1, adalah golongan jalan yang harga pasang reklame-nya paling mahal.

Sebagai contoh, sebuah papan reklame berukuran 1 meter persegi dengan 1 sisi yang dipasang di ketinggian maksimal 15 m dengan penayangan 1 hari di jalan Protokol A biayanya adalah Rp80.000.

Kemudian di jalan Protokol B, biaya pasang reklame di sana adalah Rp 75.000. Sedangkan di jalan Protokol C tarif pemasangan reklame di sana adalah Rp60.000.

Sedangkan tarif pemasangan atau NSR di jalan golongan Ekonomi Kelas I adalah Rp50.000. Lalu, golongan jalan Ekonomi Kelas II Rp30.000. Dan, golongan jalan Ekonomi Kelas III Rp 18.000.

Sedangkan jika anda memilih untuk memasang reklame di Jalan lingkungan yang ada di Jakarta, maka biayanya adalah Rp 12.000.

Namun, jika jenis media reklame yang digunakan adalah reklame digital seperti Megatron atau Videotron (Large Electronic Display), maka nilai sewanya adalah, Rp 105 untuk jalan Protokol A, kemudian Rp 95 untuk jalan Protokol B, Rp 85 di jalan Protokol A, Rp65 untuk jalan Ekonomi Kelas I, Rp45 di jalan Ekonomi Kelas II, dan Rp25 di Ekonomi Kelas III, serta Rp15 Kalau ditempatkan di jalan Lingkungan.

2. Jenis reklame

Di atas telah disebutkan bahwa, biaya pasang reklame dipengaruhi oleh jenis media yang digunakan. Untuk wilayah Jakarta, jenis media reklame dibagi menjadi 14 jenis. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah dua kategori jenis reklame tersebut.

  1. Reklame papan/billboard, Running Text, Pylon, Kain, dan Media perabotan atau perlengkapan jalan (street furniture)
  2. Reklame Elektronik/Digital/Megatron/Videotron (Large Electronic Display)
  3. Reklame Melekat (Stiker)
  4. Reklame Selebaran
  5. Reklame (non-digital) Berjalan/Kendaraan
  6. Reklame Udara
  7. Reklame Apung
  8. Reklame Suara
  9. Reklame Slide atau Reklame Film
  10. Reklame Peragaan
  11. Reklame Graffiti
  12. Reklame Laser
  13. Reklame Gapura
  14. Reklame Digital Berjalan/Kendaraan

3. Jumlah

Penentuan Nilai Sewa Reklame juga dapat dipengaruhi oleh jumlah reklame yang dipasang. Jumlah reklame sendiri dihitung berdasarkan jumlah sisinya.

Jadi, jika reklame dipasang di sisi depan dan belakang, maka reklame tersebut dihitung sebagai dua buah. Begitu juga jika dipasang di sisi kiri dan kanan.

4. Ketinggian penempatan

Jenis reklame nomor 1 dan 2 yaitu reklame jenis papan dan elektronik biayanya dipengaruhi oleh ketinggian penempatannya.

Besarnya jumlah Nilai Sewa Reklame yang telah kami sebutkan di atas diperuntukkan untuk reklame yang tingginya maksimal 15 meter.

Setiap penambahan ketinggian 15 m akan dikenakan tambahan biaya sebesar 20% dari NSR.

5. Jenis ruangan

Biaya pasang reklame di Jakarta juga dipengaruhi oleh jenis ruang yang digunakan. NRS yang telah kami sebutkan di atas adalah NSR untuk reklame yang ditempatkan di luar ruangan atau outdoor.

Sedangkan, jika ditempatkan di dalam ruangan (indoor), harganya akan lebih mahal 50% dari perhitungan NSR.

6. Jenis produk

Jika jenis produknya adalah produk yang mengandung alkohol seperti minuman beralkohol atau BIR, maka tarifnya 25% lebih mahal dari perhitungan NSR.

Berapa Biaya Pasang Reklame di Jakarta?

Biaya pasang reklame atau Nilai Sewa Reklame yang telah disebutkan di atas belum termasuk pajak. Jadi, berapa biaya pajak reklame pasang reklame di Jakarta? Dan, bagaimana cara menghitung pajak reklame? Untuk Reklame yang dipasang di luar ruangan atau outdoor tarif pajaknya adalah 25% dari NSR. Sedangkan untuk reklame yang dipasang di dalam ruangan (indoor) pajaknya adalah 50% dari NSR.

Jika anda menyewa jasa pihak ketiga untuk memasang reklame di Jakarta maka, besarnya Pajak Reklame dihitung dengan cara mengalikan tarif Pajak Reklame dengan Nilai Kontrak Reklame atau NSR. Memasang reklame terutama di kota besar di Jakarta tidak semudah kelihatannya. Selain harus melakukan penelitian untuk mengenali target audience, kita juga perlu memilih jenis reklame yang sesuai agar bisa menarik perhatian khalayak target.

Di samping itu, proses pengurusan izin reklame dan juga penghitungan maupun pembayaran pajak reklame terkadang terasa sulit dan melelahkan bagi mereka yang belum berpengalaman. Apalagi, proses izin hingga eksekusi pemasangan reklame seringkali memakan waktu yang tidak sedikit. Akibatnya, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan jasa pasang reklame. Apakah jasa pasang reklame mahal?

Jasa Pasang Reklame Jakarta

Jika dilihat dari benefit yang bisa kita dapatkan, menggunakan penyedia jasa pasang reklame yang menawarkan layanan profesional seringkali lebih menguntungkan. Pasalnya, pengalaman dan keahlian mereka dengan tim yang profesional dapat memudahkan proses izin sekaligus pemasangan dan pemeliharaan. Di samping itu, menggunakan jasa pasang reklame di Jakarta juga bisa membuat pemasangan reklame jadi lebih efisien, terutama dalam hal biaya. Efisiensi biaya tersebut bisa didapatkan karena penyedia jasa pasang reklame sudah mengetahui alur, syarat-syarat, hingga anggaran biaya yang dibutuhkan.

Di samping itu, mereka memiliki jaringan yang akan memudahkan proses pemilihan bahan, proses pembuatan, serta harga semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Itulah sebabnya mengapa menggunakan jasa pasang reklame di Jakarta seringkali lebih menguntungkan daripada pasang reklame sendiri. Apalagi, pemasangan reklame pasti selalu membutuhkan tim untuk mengurus izin, desain reklame, hingga tim untuk memasang di titik yang telah ditentukan.

Scroll to Top